Statistik tunjukan John Terry bek terbaik Liga Primer

14-john-terry

Setelah jadi pemain terbaik dalam hasil imbang 0-0 Chelsea dengan Arsenal, pakar Sky Sports James Carragher memuji kapten the Blues ini sebagai bek tengah terbaik dalam sejarah Liga Primer.

“Ada banyak bek tengah yang hebat dalam sejarah Liga primer, tetapi saya pikir dia jadi pemain terbaik yang pernah kita temui,” Carragher bercerita tentang Terry, yang mencatatkan penampilan ke 454 Liga Primer saat menghadapi the Gunners.

Mantan kapten Inggris ini tengah membawa Chelsea meraih gelar Liga Primer keempat dalam karirnya, dan dengan melihat statistik Opta musim ini cukup menunjukkan bagaimana dia tampil lebih baik dari seluruh bek tengah di rival empat besar the Blues – Vincent Kompany dan Martin Demichelis di Manchester City, Per Mertesacker dan Laurent Koscileny di Arsenal dan Chris Smalling dan Phil Jones di Manchester United.

Pemain 34 tahun ini tidak pernah melewatkan satu menit pun perjalanan Liga Primer Chelsea dan ada di urutan pertama untuk blok (28) sapuan (194), diikuti dengan ketat oleh mitra bek tengahnya Gary Cahill dalam kategori yang sama.

14-terry

Tiga belas dari sapuan tersebut dicatatkan saat menghadapi Arsenal ketika dia membuat sebuah penamiplan individu yang digambarkan oleh Mourinho sebagai penampilan terbaiknya.

Kesiagaannya terhadap bahaya disoroti oleh Carragher. “Selama 20 atau 30 tahun selanjutnya, posisi di dekat tiang gawang itu, ketika kita melihat pemain bertahan lain melakukannya kami akan menyebutnya posisi ‘John Terry’,” katanya.

“Kita tidak hanya berbicara tentang bek tengah agresif, Terry selalu ada di posisi yang tepat. Pemahamannya tentang posisinya, kemampuan membaca pertandingan dan membaca umpan silang tidak bisa disamai. Saya tidak berpikir kita pernah melihat yang lebih baik dari dia.”

Terry juga tak tertadingin dalam pertahanan satu lawan satu, mencatatkan rasio kesuksesan hadangan 86,8 persen musim ini. Dari City, Arsenal dan United, hanya Phil Jones (82,5 persen) dan Vincent Kompany (80 persen) yang bisa mendekati nilai tersebut.

Di atas semua itu, Terry berhasil memenangkan 73 persen duel di darat dan udara, termasuk enam dari enam duel dalam hasi limbang tanpa gol dengan Arsenal. Per Mertesacker tepat di belakangnya dalam kategori itu dengan 72,11 persen.

Ketika PFA Player of the Year dimenangkan Eden Hazard dari Chelsea musim ini, Terry merupakan batu terkuatnya di lini belakang. Memang, Carragher merasa dia layak dinominasikan untuk penghargaan itu.

Clip to Evernote